Blog

Festival Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

by in Event October 6, 2019

Berkunjung ke Jogja akan disuguhkan oleh wisata budaya atau sejarah, kuliner, hingga menikmati pesona alam Jogja. Selain beberapa tujuan wisata tersebut, kota istimewa ini juga menyuguhkan berbaga acara atau festival-festival menarik di Jogja yang biasanya digelar setiap tahun.

Menikmati Jogja dengan cara berbeda dengan menyaksikan beragam jenis festival tahunan. Mulai dari festival musik, makanan, hingga budaya dan kesenian Yogyakarta. Penasaran apa aja festival-festival menarik di Jogja? Berikut ini tujuh festival tahunan di Yogyakarta yang sayang banget jika dilewatkan, berikut tujuh festival di Jogja versi Wedangku Den Bagus.

1. Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

foto: jogjatoday.com

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) merupakan salah satu festival yang dinanti oleh wisatawan maupun masyarakat lokal. Berlangsung selama dua minggu penuh di pertengahan tahun antara Juli, Agustus, dan September dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara.

Pertunjukan seni dan budaya tradisional hingga kontemporer, festival ini dibuka dengan pawai budaya. FKY juga menyajikan beragam kuliner dan aneka kerajinan dengan harga yang terjangkau. Sejak pertama kali diadakan tahun 1989 hingga 2019, FKY dalam pelaksanaannya selalu berpindah-pindah tempat dengan tema berbeda.

2. Festival Grebek Maulud/Sekaten. 

foto: arena wisata

Festival tahunan Sekaten diadakan Keraton Kesultanan Yogyakarta dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud atau abiul Awal tahun Hijriah. Kata sekaten berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat Syahadat.

Selain arak-arakan Grebek Maulud, Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Keraton juga jadi acara yang paling ditunggu warga Jogja. Selain itu, kamu juga bisa berburu aneka kuliner dan belanja baju hingga pernak-pernik.

3. Pasar Kangen.

foto: hipwee.com

Festival tahunan satu ini cocok banget bagi yang suka wisata kuliner sambil bernostalgia. Sesuai dengan namanya, di pasar ini kamu bisa kangen-kangenan sama berbagai hal dari masa kecilmu. Mulai dari makanan, mainan, aksesori, hingga koleksi prangko.

Sama seperti FKY, Pasar Kangen juga biasanya digelar pada pertengahan tahun antara Juli-Agustus dan berlokasi di Taman Budaya Yogyakarta. Nggak cuma berburu makanan dan barang jadul, Pasar Kangen juga menyuguhkan hiburan pertunjukan seni tradisional.

4. Ngayogjazz.

foto: Instagram/@ngayogjazz

Festival satu ini cocok bagi pencinta musik jazz dan rutin digelar sejak 2007, Ngayogjazz biasanya berlangsung pada November tiap tahunnya. Ngayogjazz akan memanjakan penonton dengan alunan musik jazz dari para musisi andal baik lokal maupun internasional. Menariknya lagi, panggung Ngayogjazz didirikan di tempat tak biasa seperti pedesaan atau desa wisata yang lokasinya selalu berubah tiap tahunnya. Tahun ini, Ngayogjazz akan dilaksanakan pada 16 November 2019 di Kwagon, Desa Sidorejo, Godean, Sleman.

Selain melestarikan budaya, Ngayogjazz juga bertujuan untuk memberdayakan ekonomi lokal dengan melibatkan warga setempat dalam penyelenggaraan acara. Perhelatan musik yang bisa dinikmati secara gratis ini juga menyediakan beragam jenis kuliner dan souvenir di Pasar Jazz.

5. Yogyakarta Gamelan Festival (YGF).

foto: yogyakarta-panduwisata.id

Ingin mengetahui lebih dalam tentang seni musik gamelan atau karawitan? Maka kamu wajib datang ke Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) yang biasanya digelar pada Agustus dan berlangsung selama tiga hari.

Festival tahunan ini menampilkan aksi musisi dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara. Tak hanya pertunjukan musik, ada juga pameran dan workshop yang bisa dinikmati para pengunjung. Acara yang muncul dari inisiatif almarhum Sapto Raharjo dan komunitas Gayam 16 ini biasanya bertempat di Taman Budaya Yogyakarta.

6. Pekan Budaya Tionghoa.

foto: dutawisata.co.id

Acara ini diselenggarakan di awal tahun untuk memperingati Tahun Baru Imlek. Bertempat di Kampung Ketandan yang berada di kawasan Malioboro, Pekan Budaya Tionghoa selalu digelar seru dan meriah.

Di acara tahunan ini kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya Tionghoa seperti barongsai dan wayang Po Tay Hee. Ada juga bazar kuliner dan beragam pernak-pernik khas Tionghoa.

7. Kustomfest.

foto: yogyakarta.panduwisata.co.id

Kustomfest ini juga termasuk salah satu festival besar yang sudah rutin berjalan sejak 2012. Pada tahun 2019 ini, Kustomfest mengangkat tema Back To The Roots sebagai upaya mengikis segala perbedaan sambil terus memacu mengetengahkan karya-karya terbaik anak bangsa.

Pada Kustomfest yang identik berisi dengan motor dan mobil kustom ini akan diisi penampil yang sedang fenomenal, yakni Didi Kempot. Selain itu juga ada Seringai, Jogja Hip Hop Foundation dll. Kustomfest Back To The Roots ini digelar pada 5-6 Oktober 2019.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *