Blog

Nikmati Soto Istimewa Khas Jogja

by in Kuliner Jogja October 5, 2019

Kearifan lokal Jogja selalu memanjakan para wisatawan. Beragam budaya, tempat bersejarah, wisata alam hingga kuliner yang khas menjadi daya tarik bagi pengunjung menikmati kota Jogja. Terkenal dengan julukan kota pelajar, Jogja menyuguhkan berbagai tempat wisata salah satunya adalah kuliner. Tak lengkap rasanya jika datang ke  Jogja tanpa mencoba makanan legendaris dan khas dari kota ini.

Menjadi bagian dari daerah Pulau Jawa, kuliner di Jogja umumnya hampir sama dengan masakan Jawa. Terlepas dari itu, kuliner Jogja memiliki cita rasa khas yang akan memanjakan lidah wisatawan. Tempat wisata kuliner Jogja yang legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Wisata kuliner Jogja ada yang hanya bisa dinikmai pada malam hari namun ada juga yang buka pagi hari dan siang hari.

Salah satu kuliner andalan Jogja adalah soto, beberapa soto yang wajib kamu coba versi Wedangku Den Bagus.

Saoto Batok Mbah Katro.

foto: Instagram/@castlepuri

Selain Gudeg, soto juga menjadi salah satu kuliner favorit wisatawan dan warga lokal. Salah satu soto yang lezat di Jogja adalah Saoto Bathok Mbah Katro. Kuliner Jogja yang satu ini terbilang unik karena penyajiannya menggunakan batok kelapa.

Soto Sampah.

foto: Instagram/@sotosampahjogja_

Soto sampah cukup kuliner di Jogja, terdapat di utara Tugu Jogja tepatnya di pasar Kranggan. Soto Sampah ini buka dari jam 7 pagi hingga 3 pagi dan yang menariknya lagi adalah harganya yang super duper murah, cuma Rp 5.000 saja.

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe.

foto: Instagram/@kulineryogyes

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe, mengandalkan kaldu soto jernih, dengan cita rasa gurih manis. Harganya juga terbilang cukup murah, hanya Rp 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati kesegaran soto pak Dalbe.

Soto Sulung Stasiun Tugu.

foto: Instagram/@jajandhisik

Terletak di Jalan Jalan Gedong Kuning selatan No.1, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Soto ini berbeda dengan soto-soto yang ada di Jogja lainnya. Varian soto ini merupakan ala Madura. Tidak ada sayuran dan bihun dalam soto ini. Isinya murni daging sapi dan jeroan.

Soto Ayam 61.

foto: Instagram/@sotoayam61

Soto ayam 61 sudah berdiri lebih dari 4 dekade, merupakan soto dengan kuah bening dengan campuran suwiran ayam, bihun, serta taburan daun seledri. Soto Ayam 61 ini, bisa kamu jumpai di Jalan A.Yani, yang merupakan sambungan dari jalan Malioboro.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *