Blog

Tradisi Jogja Raih Sertifikasi Kekayaan Intelektual Komunal

by in Uncategorized October 1, 2019

Daerah istimewa satu satunya di Indonesia, dengan beribu kekayaan budaya dan wisata. D.I Yogyakarta, salah satu provinsi yang berperan sebagai pusat pengembangan budaya Jawa. Upaya pelestarian budaya dari pemerintah D.I Yogyakarta menuai hasil dengan diterimanya tujuh Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Ekspresi Budaya Tradisional dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyerahkan sertifikasi tersebut kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di DIY di Kepatihan Yogyakarta. Tujuh tradisi budaya Yogya yang mendapatkan sertifikasi KIK antara lain Tari Angguk Kulon Progo, Tradisi Sekaten, Tari Beksan Bodroboyo, Tradisi Tayub Gunungkidul, Upacara Mubeng Beteng, Tradisi Saparan Bekakak Sleman, dan Tarian Montro Bantul.

Tujuh sertifikasi yang telah diberikan oleh Menkumham bertujuan untuk melakukan perlindungan secara defensif dan menggalang partisipasi aktif pemerintah daerah, dalam memperkuat bukti kepemilikan kekayaan intelektual komunal. Seperti yang diungkapkan dalam redaksi travel.tempo.co “Saat ini kekayaan dan keragaman pengetahuan tradisional dan budaya luar biasa ini belum terlalu mendapat kepedulian yang maksimal dari masyarakat,” kata Yasonna.

Kurangnya kepedulian masyarakat dan pemerintah terhadap pelestarian kekayaan budaya yang menjadikan budaya itu berkembang di tempat lain atau lebih parahnya lagi hingga diakui oleh negara lain. Beberapa contoh aksi klaim yang terjadi salah satunya adalah dari pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia. Produk lokal dari tradisi khas masyarakat seperti tenun ikat dan ulos sebagai contohnya karena belum didaftarkan sebagai KIK.

Himbauan dari Menkumham bahwa sudah saatnya seluruh aparatur pemerintah untuk menginventarisasi dan membuat database potensi pengetahuan tradisional dan berbagai ekspresi budaya di bidang kekayaan intelektual komunal sehingga kekayaan nasional terlindungi efektif. Tujuh tradisi dan budaya Jogja yang telah menerima KIK diharapkan dapat menjadi panduan untuk wilayah lain, dan menjadi citra Indonesia sebagai negara yang berbudaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *